United Tractors sebagai “Leading
Transportation Provider” tidak hanya sekedar menjual produk kualitas
premium namun juga mengedepankan layanan purna jual termasuk dalam
memperhatikan kualitas bengkel bus dan truk yang dimiliki.
PT United
Tractors Tbk (UT) ikut mendukung kemajuan sektor transportasi demi terciptanya
jaringan transportasi yang efisien, aman dan terintegrasi. Tidak hanya
menghadirkan produk-produk yang terbaik, tetapi juga selalu mengupayakan agar bus
dan truk yang digunakan pelanggan memberikan performa yang maksimal. Terdapat
dua merek bus dan truk yang diageni UT yaitu UD Trucks untuk transportasi
barang dan Scania untuk transportasi barang dan penumpang.
UT
menerapkan program-program layanan purna jual untuk perawatan rutin dan
perbaikan bus dan truk seperti:
1. Program Pemeriksaan Mesin (PPM) yaitu program
inspeksi rutin guna mendapatkan data kendaraan secara akurat sebagai
rekomendasi perbaikan,
2. Program Monitoring Alat (PMA) yang
bertujuan untuk mendapatkan informasi terkini atas kondisi kendaraan termasuk
lokasi, waktu operasi dan konsumsi bahan bakar hingga jadwal penggantian oli
dan komponen,
3. Program service berkala, serta
4. Training product support yaitu program pelatihan untuk mekanik dan pengemudi
terkait pengelolaan kendaraan.
Fasilitas
Bengkel Bus dan truk
Tidak
hanya program perawatan rutin serta perbaikan bus dan truk yang UT berikan, UT juga
menyediakan bengkel bus dan truk dengan fasilitas yang mumpuni. Adapun
fasilitas Bengkel bus dan truk UT terdiri dari area woskshop untuk perbaikan
bus dan truk, ruang untuk peralatan dan perlengkapan yang dapat menampung special
tool dan tech tool, gudang suku cadang yang sudah
terstandardisasi ISO 9001, area
kantor, serta area parkir Ready For Use (RFU) dan washing.
Terdapat mekanik bersertifikasi yang siap untuk
melakukan pekerjaan perawatan atau perbaikan alat transportasi berupa service,
inspection, overhaul, trouble shooting, tune up dan
pembelian suku cadang serta layanan konsultasi teknis.
Dalam
memberikan layanan purna jual bus dan truk, UT pun menghadirkan tiga inisitaif layanan
servis bus dan truk yaitu Pelayanan Bengkel yang telah terstandardisasi,
Layanan Service Advisor 24 Jam dan
Layanan On Field Service, yang mampu
memberikan kemudahan serta solusi dengan cepat dan tepat untuk pelanggan.
Pelayanan
Bengkel Bus dan truk
Untuk
mendapatkan jadwal perawatan atau perbaikan, pelanggan dapat menghubungi UT Call
melalui nomor 1 500 072 atau bengkel secara langsung. Kelengkapan dokumen
perlu diperhatikan oleh pelanggan karena ketika tiba di bengkel, petugas
keamanan akan melakukan security check-in dan pengecekan kelengkapan
dokumen sebelum diarahkan ke area parkir.
Kemudian
pelanggan dapat menuju ke bagian unit discussion untuk menyampaikan
keluhan terkait bus dan truk yang dimiliki kepada petugas UT untuk menentukan
jenis pekerjaan, lama pengerjaan dan biaya yang dibutuhkan. UT juga menyediakan fasilitas ruang tunggu
yang nyaman untuk pelanggan. Setelah perbaikan atau perawatan selesai
dilakukan, pelanggan dapat melakukan pembayaran dan pengambilan alat
transportasi di area Ready For Use (RFU) untuk melakukan security
check-out dan keluar dari bengkel.
Apabila
pelanggan mengalami keadaan darurat terkait dengan kendala teknis dilapangan,
UT juga memiliki pelayanan khusus yaitu “UT Service Advisor”.
Pelayanan
Service Advisor 24 Jam
Solusi
layanan UT Service Advisor ini dapat diakses 24 jam dalam 7 hari pada
nomor 0815 100 500 72
(telepon) dan 0815 1150 0072 (SMS). Pelanggan dapat menemukan nomor kontak UT Service
Advisor pada stiker yang tertera di kaca kabin bus dan truk. Dengan layanan
ini, pelanggan yang mengalami keadaan darurat tidak perlu membawa unit yang
bermasalah ke bengkel. Pelanggan akan mendapatkan On Call Guidance atau
panduan teknis melalui telepon atas permasalahan unit hingga unit dapat
beroperasi kembali.
Layanan On
Field Service
On Field
Service adalah layanan bus dan truk yang masih menjadi bagian
dari layanan UT Service Advisor. Pelanggan atau pengendara bus dan truk
yang mengalami kendala dan sudah menghubungi Service Advisor namun unit
masih belum bisa kembali bekerja, akan segera mendapatkan pertolongan melalui
mekanik UT yang dikirimkan langsung ke lokasi alat transportasi.
Untuk
dapat menjangkau lokasi dengan mudah, On Field Service didukung dengan
kelengkapan infrastruktur seperti; UT Service Assistance Car lengkap
dengan tools perbaikan sehingga mekanik dapat dengan cepat menuju lokasi
unit; 20 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia untuk memberikan
dukungan penuh kepada pelanggan; 8 support point yang tersebar di
seluruh Pulau Jawa; serta 1 UT Partners yang terdapat di Solo; untuk
Jakarta terdapat Service Point yang terdapat di Cawang dan Klender.
Bengkel Bus dan Truk Area Jakarta
Untuk
mendukung program layanan ini, UT telah memiliki bengkel yang beroperasi khusus
bagi area Jakarta terletak di Jl. Raya Bekasi Km. 22, Cakung, Jakarta Timur. Layanan
servis bus dan truk ini merupakan salah satu bentuk totalitas UT dalam
menggeluti bisnis transportasi yang
selama ini sudah makan asam garam dalam dunia alat berat. Setelah di area
Jakarta, standardisasi layanan bengkel UT untuk pasar bus dan truk akan
dilakukan pada cabang UT di area Jawa, Sumatera dan Sulawesi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar