“United Tractors
memberikan layanan purna jual yang prima dengan memiliki serangkaian program
standardisasi pelayanan 4 Straight Customer Experiences, jaminan ketepatan waktu yang disebut
On-time-in-full (OTIF) dan
8 pilar pendukung”.
Sebagai perusahaan distributor alat berat
terbesar dan terkemuka di Indonesia, PT United Tractors Tbk (UT) selalu
berusaha mempersembahkan yang terbaik kepada pelanggannya termasuk dalam
memberikan jaminan layanan purna jual.
Kesadaran UT dalam meningkatkan kualitas
layanan purna jual bertujuan agar pelanggan tidak perlu khawatir ketika
menghadapi permasalahan saat menjalankan operasional bisnisnya sehingga dapat mencapai target yang diinginkan.
Standardisasi Layanan Purna Jual, “4 Straight Customer Experiences”
Dengan membeli serangkaian produk dari merk
ternama dunia yang diageni oleh UT seperti Komatsu, UD Trucks, Scania, Bomag
dan Tadano, pelanggan akan mendapatkan serangkaian program yang telah menjadi
standardisasi pelayanan yang dikenal dengan istilah “4 Straight Customer
Experiences” yakni Program Pemeriksaan Mesin (PPM), Program Monitoring Alat
(PMA), Program Pemeriksaan Undercarriage (P2U) dan Training Product Support.
Program Pemeriksaan Mesin (PPM) merupakan
program inspeksi rutin yang bertujuan untuk mendapatkan data kondisi alat berat
pelanggan secara akurat, sebagai rekomendasi perbaikan agar alat berat tetap
berada pada kondisi yang prima.
Program Monitoring Alat (PMA) merupakan
program yang bertujuan untuk mengetahui total informasi mengenai alat berat,
seperti; lokasi, waktu operasi hari, konsumsi bahan bakar, informasi peringatan
untuk penggantian oli sampai dengan jadwal penggantian komponen secara aktual.
Program Pemeriksaan Undercarriage (P2U)
berlaku untuk pembelian unit track type yaitu dozer dan excavator. Hal
ini dilakukan agar pelanggan mendapatkan informasi mengenai kondisi komponen
serta rencana penggantian di tiap komponen undercarriage.
Training Product Support diberikan khusus
untuk operator dan mekanik pelanggan. Operator akan mendapatkan pelatihan
berupa materi program pemeriksaan harian sedangkan mekanik akan mendapatkan
materi berupa program periodical service unit serta pengelolaan persediaan
suku cadang di warehouse.
Jaminan
Ketepatan Waktu, On-Time-In-Full (OTIF)

Melalui OTIF Parts, pelanggan akan
mendapatkan jaminan ketepatan waktu dan jumlah suku cadang mulai sejak
dilakukan pemesanan sampai dengan diterima. Selain itu, pelanggan akan
mendapatkan jaminan ketepatan waktu dalam pengiriman mekanik handal ketika
terjadi permasalahan pada unit pelanggan dalam waktu 1x 24 Jam melalui OTIF
Mechanics. Khusus pada sektor
tambang, UT memberikan jaminan pengiriman mekanik dalam kurun waktu 1x4 jam.
Terakhir, melalui OTIF Solution pelanggan akan mendapatkan jaminan
ketepatan waktu dalam pengerjaan unit mulai sejak pelanggan menghubungi UT
sampai dengan unit siap untuk dipergunakan kembali. Sebagai bentuk rasa
tanggung jawab, UT akan memberikan kompensasi ketika jaminan atas ketepatan
waktu yang diberikan tidak terpenuhi.
8 Pilar
Layanan Purna Jual
Jaminan ketepatan waktu yang diberikan UT
dapat terlaksana karena didukung oleh pengembangan terhadap people,
proses, maupun infrastruktur yang dimiliki melalui beberapa hal, antara
lain; service program, parts
program, financing, easy
acces, workshop & remanufacturing, warehouse &
distribution, mechanics dan training center.
Service program yang diberikan merupakan bentuk komitmen UT
sebagai mitra bisnis pelanggan untuk menjaga kondisi alat berat tetap berada
pada tingkat pengoperasian prima dan memberikan hasil akhir yang optimal melalui serangkaian
program yaitu; UT PTA Services (Program Tukar Alat), UT PMA Services
(Program Monitoring Alat), UT PAP Services (Program Analisa Pelumas), UT
PPC Services (Program Perawatan Chasis), dan UT PPM Services
(Program Pemeriksaan Mesin).
Untuk mendukung kebutuhan pelanggan kapanpun
diperlukan, UT memberikan Parts Program dengan menyediakan serangkaian program
suku cadang yang bernilai tinggi yaitu; UT P2U (Program Pemeriksaan
Undercarriage), UT P3K (Program Part Package & Kits), UT PetW (Program
Extended Warranty) dan UT PspC (Program Spareparts Consultation).
Pelanggan akan mendapatkan kemudahan dalam
bertransaksi khusus untuk pembelian suku cadang melalui program financing. Dalam program ini, UT bekerjasama dengan bank
terkemuka di Indonesia.
Kemudahan dalam mengakses informasi juga
dapat diperoleh pelanggan melalui UT Call, layanan contact center 24
jam. Melalui layanan ini, kapanpun dan dimanapun pelanggan membutuhkan
perbaikan alat berat, UT siap mengirim mekanik untuk membantu.
Untuk mempertahankan jaminan kualitas
layanan, UT memiliki 43 workshop dan sejumlah fasilitas remanufacturing
yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, guna menjamin
ketersediaan dan kecepatan dalam penyediaan suku cadang, UT telah membangun dan
mengelola lebih dari 89 warehouse dan parts distribution center
dengan jaringan distribusi di seluruh Indonesia.
Dari segi man power, UT memiliki
mekanik yang memiliki kapabilitas, ketrampilan dan pengetahuan teknis yang
handal sehingga dapat memberikan perawatan preventif pada tingkat yang tepat
dan spesifikasi teknis terkini. Selain itu, guna membekali dan meningkatkan
kompetensi teknis dari para mekanik dan staff, UT menyelenggarakan program
pelatihan yang berkelanjutan.
Seluruh terobosan layanan purna jual dari UT
tersebut diciptakan untuk memberi nilai lebih bagi pelanggan UT sehingga tidak
ada lagi keraguan pelanggan untuk menjadikan UT sebagai mitra bisnis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar