25 September 2013

Kualitas Layanan Purna Jual United Tractors Jadikan Nilai Lebih Untuk Pelanggan


“United Tractors memberikan layanan purna jual yang prima dengan memiliki serangkaian program standardisasi pelayanan 4 Straight Customer Experiences,  jaminan ketepatan waktu  yang disebut  On-time-in-full (OTIF) dan  8 pilar pendukung”.

Sebagai perusahaan distributor alat berat terbesar dan terkemuka di Indonesia, PT United Tractors Tbk (UT) selalu berusaha mempersembahkan yang terbaik kepada pelanggannya termasuk dalam memberikan jaminan layanan purna jual.
Kesadaran UT dalam meningkatkan kualitas layanan purna jual bertujuan agar pelanggan tidak perlu khawatir ketika menghadapi permasalahan saat menjalankan operasional bisnisnya sehingga  dapat mencapai target yang diinginkan.
Standardisasi Layanan Purna Jual,  “4 Straight Customer Experiences”
Dengan membeli serangkaian produk dari merk ternama dunia yang diageni oleh UT seperti Komatsu, UD Trucks, Scania, Bomag dan Tadano, pelanggan akan mendapatkan serangkaian program yang telah menjadi standardisasi pelayanan yang dikenal dengan istilah “4 Straight Customer Experiences” yakni Program Pemeriksaan Mesin (PPM), Program Monitoring Alat (PMA), Program Pemeriksaan Undercarriage (P2U) dan Training Product Support.

Program Pemeriksaan Mesin (PPM) merupakan program inspeksi rutin yang bertujuan untuk mendapatkan data kondisi alat berat pelanggan secara akurat, sebagai rekomendasi perbaikan agar alat berat tetap berada pada kondisi yang prima.
Program Monitoring Alat (PMA) merupakan program yang bertujuan untuk mengetahui total informasi mengenai alat berat, seperti; lokasi, waktu operasi hari, konsumsi bahan bakar, informasi peringatan untuk penggantian oli sampai dengan jadwal penggantian komponen secara aktual.

Program Pemeriksaan Undercarriage (P2U) berlaku untuk pembelian unit track type yaitu dozer dan excavator. Hal ini dilakukan agar pelanggan mendapatkan informasi mengenai kondisi komponen serta rencana penggantian di tiap komponen undercarriage.
Training Product Support diberikan khusus untuk operator dan mekanik pelanggan. Operator akan mendapatkan pelatihan berupa materi program pemeriksaan harian sedangkan mekanik akan mendapatkan materi berupa program periodical service unit serta pengelolaan persediaan suku cadang di warehouse.


Jaminan Ketepatan Waktu, On-Time-In-Full (OTIF)
UT juga memberikan jaminan ketepatan waktu kepada pelanggan yang disebut On-Time-In-Full (OTIF), terdiri dari OTIF Parts, OTIF Mechanics, dan OTIF Solution.

Melalui OTIF Parts, pelanggan akan mendapatkan jaminan ketepatan waktu dan jumlah suku cadang mulai sejak dilakukan pemesanan sampai dengan diterima. Selain itu, pelanggan akan mendapatkan jaminan ketepatan waktu dalam pengiriman mekanik handal ketika terjadi permasalahan pada unit pelanggan dalam waktu 1x 24 Jam melalui OTIF Mechanics. Khusus pada sektor tambang, UT memberikan jaminan pengiriman mekanik dalam kurun waktu 1x4 jam. Terakhir, melalui OTIF Solution pelanggan akan mendapatkan jaminan ketepatan waktu dalam pengerjaan unit mulai sejak pelanggan menghubungi UT sampai dengan unit siap untuk dipergunakan kembali. Sebagai bentuk rasa tanggung jawab, UT akan memberikan kompensasi ketika jaminan atas ketepatan waktu yang diberikan tidak terpenuhi.


8 Pilar Layanan Purna Jual
Jaminan ketepatan waktu yang diberikan UT dapat terlaksana karena didukung oleh pengembangan terhadap people, proses, maupun infrastruktur yang dimiliki melalui beberapa hal, antara lain;  service program, parts program, financing,  easy acces, workshop & remanufacturing, warehouse & distribution, mechanics dan training center.

Service program yang diberikan merupakan bentuk komitmen UT sebagai mitra bisnis pelanggan untuk menjaga kondisi alat berat tetap berada pada tingkat pengoperasian prima dan memberikan   hasil akhir yang optimal melalui serangkaian program yaitu; UT PTA Services (Program Tukar Alat), UT PMA Services (Program Monitoring Alat), UT PAP Services (Program Analisa Pelumas), UT PPC Services (Program Perawatan Chasis), dan UT PPM Services (Program Pemeriksaan Mesin).

Untuk mendukung kebutuhan pelanggan kapanpun diperlukan, UT memberikan Parts Program dengan menyediakan serangkaian program suku cadang yang bernilai tinggi yaitu; UT P2U (Program Pemeriksaan Undercarriage), UT P3K (Program Part Package & Kits), UT PetW (Program Extended Warranty) dan UT PspC (Program Spareparts Consultation).
Pelanggan akan mendapatkan kemudahan dalam bertransaksi khusus untuk pembelian suku cadang melalui program financing.  Dalam program ini, UT bekerjasama dengan bank terkemuka di Indonesia.

Kemudahan dalam mengakses informasi juga dapat diperoleh pelanggan melalui UT Call, layanan contact center 24 jam. Melalui layanan ini, kapanpun dan dimanapun pelanggan membutuhkan perbaikan alat berat, UT siap mengirim mekanik untuk membantu.
Untuk mempertahankan jaminan kualitas layanan, UT memiliki 43 workshop dan sejumlah fasilitas remanufacturing yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, guna menjamin ketersediaan dan kecepatan dalam penyediaan suku cadang, UT telah membangun dan mengelola lebih dari 89 warehouse dan parts distribution center dengan jaringan distribusi di seluruh Indonesia.

Dari segi man power, UT memiliki mekanik yang memiliki kapabilitas, ketrampilan dan pengetahuan teknis yang handal sehingga dapat memberikan perawatan preventif pada tingkat yang tepat dan spesifikasi teknis terkini. Selain itu, guna membekali dan meningkatkan kompetensi teknis dari para mekanik dan staff, UT menyelenggarakan program pelatihan yang berkelanjutan.

Seluruh terobosan layanan purna jual dari UT tersebut diciptakan untuk memberi nilai lebih bagi pelanggan UT sehingga tidak ada lagi keraguan pelanggan untuk menjadikan UT sebagai mitra bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar